Bagi Anda yang biasa ( ataupun pernah ) berselancar di dunia maya, pasti menemukan link-link berbagai macam situs didalamnya. Kita sering mendengar istilah website, juga apa yang dinamakan blog. Bagi mereka yang baru mulai terjun di dunia maya, mungkin banyak yang bertanya apaan sih blog itu.

Apa itu Blog?

Blog ( singkatan dari WebBlog ) adalah sebuah situs yang bersifat personal yang selalu diupdate secara continyu. Blog biasanya berisi apa yang blogger pikirkan, rasakan, juga bisa berisi catatan kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan blog merupakan buku diary online yang bisa dibaca oleh orang lain.

Blog juga bisa berisi ide-ide, buah pikiran, komentar-komentar blogger terhadap isu-isu kehidupan, politik yang terjadi di sekitarnya. Blog juga berisi komentar-komentar dan link-link website yang mereka anggap menarik ketika menjelajahi dunia maya.

Intinya blog merupakan tempat blogger mencurahkan isi hati, perasaan, ide-ide, pemikiran atau apapun yang menjadi concern ( perhatian ) ataupun keprihatinannya.

Dari blog kita dapat melihat dan mengenal kepribadian seorang blogger, bagaimana tanggapannya terhadapa isu-isu yang terjadi, apa yang dipikirkan, serta hobi ataupun topik-topik yang dia pilih.

Jika pada website, seorang webmaster harus bersusah payah menggunakan kode html, php dsb ketika memposting sebuah tulisan, dalam blog seorang blogger dengan mudah memposting sebuah tulisan ( artikel ) dengan otomatis. Karena blog merupakan otomatisasi semua kode yang berlaku di dalam website. Sehingga kita-kita yang masih awam dengan semua kode tersebut, tetap bisa memposting tulisan kita secara online untuk dibaca orang diseluruh dunia.

Cara Membuat blog.

Anda bisa membuat blog di salah satu penyedia blog gratis seperti blogger.com. Namun Anda harus mempunyai account email di gmail.com. Jika Anda sudah mempunyai email di gmail.com, Anda tinggal buka blogger.com dan masukkan acoount gmail dan password Anda di sana. Anda tinggal ikuti langkah-langkah yang diberikan.

Anda punya pendapat lain tentang blog??

0 comments

Post a Comment


Free chat widget @ ShoutMix